You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Tuwung
Desa Tuwung

Kec. Kahayan Tengah, Kab. Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah

Tim Pemutakhiran Data SDGs Desa dan Data Indeks Desa Membangun Ikuti Pembekalan di Desa Tuwung

Op-M 17 Mei 2021 Dibaca 662 Kali
Tim Pemutakhiran Data SDGs Desa dan Data Indeks  Desa Membangun Ikuti Pembekalan di Desa Tuwung

Sustainable Development Goals  (SDGs) desa  merupakan upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa puduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.  Ini salah satu program pembangunan berkelanjutan yang dibantu oleh para relawan untuk menambil data dari masyarakat baik secara individu maupun ke wilayahan terkait dengan kebutuhan dan masa depan desa Tuwung.

Pendataan SDGs merupakan dasar dalam penyusunan perencanaan Desa dan pendataan SDGs akan dimutakhirkan dalam setiap 6 bulan sesuai Permendes No.21 tahun 2020 tentang pedoman pembangunan dan pemberdayaan desa.

Secara jangka panjangnya, kebutuhan pembangunan di masyarakat dapat terpantau secara data dan tersimpan dalam basis data yang menjadi acuan kebijakan maupun program pembangunan kedepan.

Guna memaksimalkan pembangunan desa,  relawan mengikuti  pembekalan pemutakhiran data berbasis  SDGs Desa di desa Tuwung Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang  Pisau, pada Senin, 17 Mei 2021.

Relawan diberikan materi yang berkaitan dengan latar belakang SDGs, alur tahapan, kemudian teknis pendataan di masyarakat yang turut dihadiri pendamping desa, pendamping lokal desa, staf dan aparatur pemerintah desa Tuwung

Melalui relawan tersebut, nantinya akan melakukan pendataan dalam rangka memaksimalkan penggunaan dana desa berbasis digital, dengan adanya pembekalan relawan diharapkan mampu melakukan pendataan secara maksimal setelah itu datanya akan dianalisis oleh sistem dari kementerian desa,setelah muncul rekomendasi,rekomendasinya bisa dipakai oleh desa terkait perencanaan pembangunan desa.

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image